Ulasan Game Lawas, Cytus.

Cytus, sebuah rhythm game yang pertama kali rilis untuk iOS pada tahun 2012 oleh pengembang asal Taiwan, Rayark. Game ini rilis di Android setelah beberapa bulan kemudian. Karena kepopuleran game ini, Rayark, selaku pengembang, berhasil melambung dan membuat mereka kembali merilis game serupa dengan judul Deemo.

Ketika memulai game ini, akan dimulai dengan intro bergambar seorang cewek yang tampak seperti robot. Setelahnya akan muncul tulisan tap to start. Saat ini sudah terdapat 10 chapter yang isinya terdapat 10 lagu. Untuk bisa memainkan semua chapter yang ada pada game ini, pemain wajib untuk melakukan pembayaran.

Untuk kisah di dalam game ini, kami akan memberikan review 3 chapter pertama. Diceritakan di abad ke 22, di mana sebuah perusahaan yang bernama Extenlife, mereka memiliki jasa untuk bisa memindahkan pikiran pada sebuah mesin yang mereka sebut operator.

Di kisahkan kalau manusia punah karena sebuah virus mematikan yang tidak memiliki vaksin. Kemudian operator bernama Vanessa bangun tanpa memiliki perasaan, lalu ia memutuskan untuk pergi ke sebuah tempat bernama Cytus.

Sama seperti rhythm game lainnya, di sini para pemain akan menyentuh not sesuai dengan lagu untuk bisa mendapatkan skor yang tinggi. Terdapat 3 cara untuk menyentuh not – not tersebut, yaitu Tap, Hold, dan slide. Untuk membedakan kapan bisa menyentuhnya, mereka memberikan kode warna. Kalau ungu harus disentuh, sedangkan kalau hijau harus menunggu hingga menjadi warna ungu.

Raihan tertinggi skor di game ini adalah 1 juta, namun wajib memperhitungkan hal lainnya. Seperti adanya TP atau Technical Points. Pada game ini terdapat 2 macam standar perfect, yaitu yang berwarna dan hitam. Jika ingin maksimum, harus perfect yang berwarna.

Jika ingin memainkan game ini dengan nyaman, coba mainkan pada layar tablet. Karena kalau layar kecil, cukup menyulitkan menekan not – not yang ada di game. Setidaknya gunakan meja untuk bisa meletakkan ponsel dan mudah menekan layar.

Untuk lagu-lagu yang ada di game ini sangat menyenangkan untuk didengarkan. Lagunya sendiri merupakan representasi dari mood dan kondisi yang ada pada chapter game tersebut. Ada genre pop, Rock, atau bahkan lagu yang mellow.

Pada setiap lagu terdapat pilihan, easy atau hard. Yang paling mudah berada pada level 1, dan yang tersulit ada di level 9. Perhatikan kombinasinya, jika easy 1, itu menandakan lagu tersebut sangat mudah. Tetapi jika easy 9, lagu itu setidaknya lebih mudah dari mode hard.

Yang menarik dari game ini, selain mode easy dan hard, mereka juga memiliki hidden level yang hanya bisa dimainkan kalau pemain mengetahui letak level tersebut. Misalnya seperti menekan gambar tertentu, seperti lampu berwarna merah, menekan huruf hingga ia berubah warna, dan masih banyak lainnya. Jika berhasil menemukan hidden level, saat hendak memulai permainan, biasanya cincin start akan berwarna merah. Berbeda dengan memulai permainan biasa yang ditandakan dengan berwarna biru.

Ketika awal perilisannya, Rayark memberikan million download campaign, yaitu setiap ada 100 ribu orang membeli game tersebut, maka akan bisa membuka 1 chapter gratis. Kini sudah lebih dari 1 juta orang yang membeli Cytus, sehingga saat ini sudah tersedia 10 chapter gratis untuk dimainkan oleh pemain.

Jadi apakah game ini direkomendasikan? Ya, sangat direkomendasikan. Terdapat banyak lagu yang bisa Anda akses di game ini, jadi tidak akan bosan ketika memainkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post